56 days in Pare-Kediri – Day 34: Nimatnya Pecel Punten yang Berisik

Mbenjing mriki malih ngiihh. Setelah surfing & blogwalking tentang makanan khas kota Kediri selain Tahu Takwa & Getuk Pisang, akhirnya aku sampai juga juga ditempat makan dengan pemandangan pesawahan dan ladang jagung. Pecel Punten khas Kediri, ketika datang ke tempat ini kita akan merasakan suasana yang sangat berisik. Berisik karena pelayan yang super zuper ramah dan selalu tampil ceria. Service excelence dan pecelnya yang luar biasa nikmat. Sebelumnya aku pernah membahas Pecel Madiun sebagai pecel ternikmat, walalupun aku bukan praktisi kuliner tapi kali ini aku nobatkan pecel ini sebagai pecel paling nikmat se-Indonesia. Seriously guys, you must come here!.

Pecel punten dimana sih?, terletak di Jalan Totot Kerot, Ketami, Pesantren, Kediri, Jawa Timur .Dari kota Kediri maupun kampung inggris Pare lebih dekat untuk mengunjungi tempat makan ini. Okay, karena aku sedang berada di Kampung Inggris, maka perjalanan dimulai dari sini ya. Dari kampung inggris, kita bisa menyewa motor menuju kawasan simpang lima gumul. Monumen simpang lima gumul itu Arc de Triomphe nya Indonesia, monumen megah-menakjubkan menjadi kebanggaan masyarakat kediri. Nah dari simpang lima gumul, ambil jalan ke arah pesantren. Sekitar 2 kilometer, kita sampai di Pecel Punten Kediri.

pecel punten - kediri
pecel punten – kediri

Tada!, here we are now!. Pecel Punten, tempat makan Pecel yang sangat nikmat, buka dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Aku sangat beruntung karena tiba disini sebelum jam istirahat kantor & sekolah, kabarnya akan sangat ramai apabila kita tiba disini pas jam makan siang. Oh iya, banyak para artis yang sudah makan disini ini loh, termasuk pakar kuliner Bondan Winarno pernah mengunjungi tempat ini beberapa tahun lalu. Wiihhh… makin penasaran aja, se-spekta apa sih Pecel Punten ini?

Selain pecel tentunya, mereka menjual makanan-makanan nikmat seperti sayur tongkol, ikan nila goreng, lele goreng, urap dan sajian rumahan lainnya. Kita bisa memilih nasi putih atau ampok jagung sebagai makanan pokok, btw pernah dengar ampok jagung? Ampok jagung itu jagung yang digiling halus – rendah gula & rendah kalori. Dan untuk makanan penutup yang ada disini, mereka menawarkan jenang campur. Jenang campur itu seperti bubur sumsum dengan kolak candil yang ditambah bubur ketan hitam.

Pecel punten - Kediri
Pecel punten – Kediri

Dari tampilannya saja, sudah menggoda selera kan?. Inilah pecel punten. Pecel Punten terdiri dari lontong yang sangat lembut dengan rebusan sayuran seperti kacang panjang, toge, kembang turi, dan daun kenikir. Mereka menyiram pecel tersebut dengan saus khusus yang special, ajib nauzubillah.

Tidak lupa kerupuk pasir, nah kerupuk pasir ini kerupuk yang digoreng tidak dengan minyak tapi memakai pasir. Yes, that’s sand dude!. Kalau di Bandung, namanya kerupuk gembel. Seperti kebanyakan pecel-pecel yang ada di Kediri, tidak terasa penyedap masakan atau msg di sajian Pecel Tumpeng ini. Ketika pecel ini masuk ke mulut, rasanya sangat menggugah selera, enak – mantap – luar biasa. Lontongnya itu sangat lembut, seperti setengah matang tapi sebetulnya memang matang. Paduan sayuran segar terutama sayur kenikir dan kembang turi, memberikan kenikmatan yang sangat luar biasa. Fyi, aku nambah satu porsi.

Pecel punten - Kediri
Pecel punten – Kediri Nol dua atau BEKICOT & sayur tongkol

Ronde ke dua, mencoba si “nol dua”. Awalnya aku bingung, apa sih nol dua itu?. BEKICOT guys!, ya bekicot sawah ukuran sedang yang telah direbus dengan rempah-rempah pilihan. I love this food so much, oh my god!, that was very fucking tasty. Nggak bisa diungkapkan kata-kata, enak bingit.

Ronde ke tiga, Sego ampok dengan sayur ikan tongkol ditambah lalapan segar lainnya. Enak.

Ronde ke empat, sebetulnya ingin coba jenang campur tapi kantong doraemon sudah penuh :D. Akhirnya wisata kuliner ini ditutup dengan dua gelas es degan.

Unforgettable memories, pecel punten dengan makanan yang sangat enak dan pelayanan nya yang sungguh ramah membuatku ingin kembali kesana. Enak banget, aku nobatkan pecel ini menjadi pecel terenak di pulau jawa. Nagih!, pengen lagi.

Pecel puten was absolutely delicious & eat delicious food will make you fly to seventh heaven.

Advertisements

17 Replies to “56 days in Pare-Kediri – Day 34: Nimatnya Pecel Punten yang Berisik”

  1. Bekicot sawah itu Kreco namanya. Kalau di Sunda kok kakek dan kol nenek. Aku kalau pulang ke Nganjuk pastii beli kreco, enaaakk soalnya. Diisep2 bumbunya. Duhh enak banget.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s