56 days in Pare-Kediri – Day 18-25: Learn, Learn and Learn!

Aku berusaha untuk menikmati masa-masa pelarianku di Kampung Inggris, Pare-Kediri. Diluar udaranya yang kering dan panas di siang hari, kampung ini memberikan kenikmatan untuk belajar bahasa Inggris dan menenangkan diri. Tidak terasa hampir satu bulan aku berada disini, cepat sekali waktu berlalu. Aku merasa kecewa kepada diri sendiri karena terlalu menikmati kegiatan disini, alhasil rutinitas / diary yang harusnya ditulis rutin, malah jadi molor. Molor banget. Banyak foto-foto untuk bahan cerita, namun belum dituangkan ke dalam tulisan.

Okay, selama seminggu ini aku merasakan hectic yang berlebihan. Bangun setengah 5 pagi, kelas vocab jam 5 subuh sampai evening class jam setengah 9 malam. Sampai kamar ingin rasanya jari-jari ini menari didepan laptop, tapi sudah tidak bisa berkompromi lagi karena mata yang lelah dan kepala yang berat.

Vocabulary class. Sampai saat ini, aku sudah menghafal  400 vocab unik yang jarang digunakan dan 100 expression. Contohnya ini – jangan lihat kamus ya, apa arti dari: Haberdashery & Deteriorate. Untuk expressionnya lebih banyak idiom sih: Don’t beat about the bush,  Don’t hang your lips, etc.

Untuk Grammar Class, sampai saat ini kami sudah me-review Part of Speech, Tenses, QW, Modal Verbs, Passive Voice, Eliptical & QT. Mereka mangajar dengan cara yang berbeda, bisa dibilang unik. Dan grammar bukan satu hal yang harus ditakutkan, justru menyenangkan. Ya sedikit menyenangkan sih, seperti matematika. Ada hal pasti dalam grammar, patokannya hanya itu.

Pronunciation class, kelas yang paling sulit namun menyenangkan. Menurutku tidak harus guru pronunciation itu seorang bule loh!, yang mengerti orang Indonesia adalah orang Indo sendiri. Jujur, lebih nyaman diajar oleh seorang guru yang sudah belajar diluar negeri selama bertahun-tahun dibandingkan dengan bule yang baru saja di Indonesia. Belajar Pronunciation seperti ini, baru saja aku alami. Mungkin di kota besar / kursus yang terkenal ada juga pelajaran pronunciation tapi aku yakin harganya sangat mahal. Yang aku pelajari: Single Vowel, Dipthong, Strange Consonant, Stessing, Pop Sound, Word Connection, Glottal/ED Ending, Additional ‘S’ & Additional ‘T’. Aku beruntung bisa berada disini, karena mereka membenarkan cara kita berbicara dengan kaidah pronunciation yang benar. Menurut kalian bagaimana cara mengucapkan: “mountain” dengan benar?, apakah T-nya dibaca, T-nya berubah jadi r/soft d, T-nya ditahan sebelum N, atau T-nya dibaca samar setelah N ?.

Speaking Class adalah kelas yang paling aku sukai. Mungkin karena aku doyan tampil di depan umum kali ya?! haha, kelas ini wajib & harus berbahasa inggris. Awalnya berbicara didepan umum tanpa grammar itu lumrah, tapi lambat laun & mau tidak mau kita harus memakainya kan?. Memperbanyak Vocab, dengan rajin belajar Grammar & Pronunciation, secara otomatis akan meningkatkan kemampuan kita berbicara, dan itu berdampak kepada diri sendiri loh!. Alhamdulilah, sekarang sudah tidak humming (mmhhh… eu…. mmmm, then ). Kalaupun terjadi lost vocab atau humming pada saat speech atau presentation, kita diberikan tips dan cara untuk mengatasinya.

A Class, Absolutelly Excelent !
A Class, Absolutelly Excelent !

Selain belajar, aku juga mendapatkan teman-teman yang sangat berharga. Mereka adalah teman yang selalu bersama menemani hari-hari yang cukup melelahkan belajar disini, jalan-jalan keliling kampung bersama, tour kota terdekat bersama, menghabiskan uang bersama sama :D, nongkrong bersama. Mereka adalah teman terdekat selama aku belajar di kelas A, aku beruntung bisa mengenal mereka. Just like Muhammad Ali said:

Friendship is the hardest thing in the world to explain. It’s not something you learn in school. But if you haven’t learned the meaning of friendship, you really haven’t learned anything.

2 Replies to “56 days in Pare-Kediri – Day 18-25: Learn, Learn and Learn!”

Leave a Reply

