56 days in Pare-Kediri – Day 3-5 Intense Training

Belajar di kampung Inggris Pare membutuhkan pikiran yang fokus, fisik yang kuat dan determinasi yang tinggi. Beberapa hari kebelakang adalah hari yang sangat melelahkan. Setelah tiba di Pare, melihat keadaan sekitar dan mencari hal-hal yang terjangkau di Pare, kini saatnya aku mengulas bagaimana sistem belajar disini. (setiap lembaga pendidikan menerapkan cara mengajar yang berbeda-beda)

checklist logo clipart Post Placement Test.

Apa sih tujuan placement test?, menempatkan siswa sesuai kemampuannya masing-masing dari level A sampai K. Yeaayyy!!!, alhamdulillah masuk kelas A (excelence). Semua memulai pelajarannya dari basic terlebih dahulu, mengulas pelajaran bahasa inggris yang telah didapatkan selama di sekolah maupun kuliah. Jarang sekali lembaga pendidikan di Pare Kediri yang langsung menempatkan siswanya ke Intermediate atau advance, semua dimulai dari basic, tenang aja! Nanti juga naik level haha. Ada baiknya semua memulai dari basic karena cara mengajar disini sangat unik dan belum aku temukan di tempat lain. Mereka mengulas pelajaran bahasa dengan ringkas dan mengajarkan hal-hal yang tidak aku pelajari selama sekolah, kuliah atau kursus dahulu. Cara mengulas di tiap level-nya pun berbeda beda, ada yang bener-bener basic e.g: spelling bee, seperti di kelas K dan mengulas linking verb & non linking verb di kelas A. Jadi jangan khawatir akan materi pelajaran yang terlalu mudah atau terlalu sulit, semua sudah disesuaikan sesuai tingkatan (levelnya) masing-masing.

What we learn?: Memorizing vocabulary, Grammar, Pronunciation, Speaking, Vocabulary again 😀

checklist logo clipart Morning Vocabulary:

vocab1
Materi pelajaran Language Center

Di cerita sebelumnya aku sudah membahas para trainer yang menggedor-gedor pintu, membangunkan kami semua untuk sholat subuh lalu menyeret kami ke kelas untuk pelajaran menghafal. For god sake, what time is it??? 4am. Udara subuh pagi menusuk kalbu dan tulang rusuk, brrrr dingin banget. Beberapa orang di camp ada yang enggan untuk pergi ke kelas. FYI, kelas di lembaga pendidikan ini semi-outdoor, masih banyak pepohonan, lesehan & dingin-dingin gimana gitu!. Morning vocabulary class adalah kelas tes, yang mana vocab-vocab yang telah dihafalkan pada malam harinya di tes pada pagi harinya. Dalam sehari, kita diharuskan untuk menghafal 40 vocabulary beserta 10 kalimat expression english & bahasa. Kelas ini sangat membantu untuk menambah perbendaharaan kata kita, contohnya kata-kata yang baru saja aku dengar: reprimand, gutters, girder, sash, sideburn, etc. Setiap siswa wajib hafal vocabulary yang telah diberikan, kalau belum hafal, ya… ngutang hafalan besoknya.

checklist logo clipart Grammar:

Setelah kelas morning vocab, kita dipersilakan untuk mandi dan bersiap untuk kelas pagi. Jadwal di tiap kelas berbeda beda, kebetulan jadwal pertama di kelas A adalah Grammar. Pas banget, pagi-pagi belajar grammar biar gak ngantuk. Seperti yang sudah aku bilang barusan, cara mengajar disini unik. Mereka punya metoda yang berbeda (tidak monoton) dan membuat aku lebih cepat paham. Pernah dengar singkatan PANCAVIP?, artinya: P-pronoun, A-Adverb, N-Noun, C-Conjunction, A-Adjective, V-Verb, I-Interjection, P-Preposition. Dan masih banyak hal-hal unik ketika mereka mengajar yang baru aku ketahui.

checklist logo clipart Pronunciation

Menurutku kelas ini adalah kelas yang sangat sulit, karena “mendidik” lidah agar dapat berbicara tiap kata dengan benar, cukup sulit. Di minggu pertama di Pare, aku belajar mengucapkan kata-kata sesuai single vowel-nya dengan benar, mengeluarkan suara dari tenggorokan, teknik lidah & cara lain agar kata-kata yang kita ucapkan benar. Hayo… ada yang tahu bagaimana cara mengucapkan: happy, up, hot, seat, sit, beach, bitch, fool, full & of dengan benar?

checklist logo clipart Speaking

Kelas ini adalah kelas paling lama, sekitar 3 setengah jam pelajaran dengan 2 trainer yang berbeda. Kita di didik supaya percaya diri untuk berbicara di depan umum. Stand up and Speak. Terus, kalau ngomong nya ngaco, grammarnya acak-acakan, vocab-nya campur boleh?. Namanya juga belajar kan, mistake is halal here. Masalah grammar & vocab akan menyusul selama kita mempelajarinya juga dengan tekun. Para trainer disini bilang kalau grammar dan vocab akan terbawa dengan sendirinya asalkan kita yakin & percaya diri. Di minggu pertama, kita diajarkan cara berkenalan yang unik dengan cara yang tidak ‘nggak basi’, telling about your familiy, speech, describe a person, etc.Beneran guys, nggak basi lah cara mereka mengajar disini dan banyak hal-hal unik terutama pada kelas speaking. Di kelas ini juga diselingi games seperti jangan berbicara – eu, ehmmmm, eeuuhh (jeda berpikir)- ketika berbicara di depan kelas, Mempelajari teknik berbicara di depan mum adalah hal yang sangat saya senangi, apalagi dalam bahasa inggris. I love this class 😀

checklist logo clipart Night Vocabulary

Mata udah sepet pengen tidur, tapi masih harus pergi ke kelas. Yup, setelah solat isya, kami semua tetap harus pergi ke kelas untuk menghafal. Bukan hanya sekedar menghafal, tapi kami juga harus membuat kalimat (verbal & tulisan) secara spontan dari vocab yang diberikan disertai pronunciation yang benar juga. Mantap kan, besok paginya harus sudah hafal & di tes. Di kelas ini pula, kami diberikan kesempatan untuk bertanya dan berbagi perihal pelajaran selama di kelas.

Kegiatan ini berlangsung dari Senin-Jumat, ada jeda sekitar 30 menit di setiap pelajaran. Istirahat zuhur 11.30-13.30. Istirahat maghrib dari 17:30 sampai 19:00. Dan kelas berakhir sekitar 20:30. Intense banget kan?, absolutely. Weekend-nya libur, dan ada banyak tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi di sekitar Kediri.

Ngantuk guys, tidur yah… Aa tidur dulu, besok pagi harus tes vocab.

 

 

 

 

 

Advertisements

2 Replies to “56 days in Pare-Kediri – Day 3-5 Intense Training”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s