56 days in Pare-Kediri – Day 2: Placement test kampung inggris & sekilas Pare.

Bagaimana rasanya hidup di pare?.  Kalau dibilang jauh dari mana-mana ya, ada benarnya juga sih!, jauh dari mall dan kemewahan lainnya, that’s the minus :D. Lalu apakah aku bahagia ada disni?, jujur bahagia sekali bisa ada disini. Semua serba murah guys!, bahkan aku masih bisa menemukan makanan dengan harga 3ribu rupiah, pecel ayam yang hanya 5ribu dan itu bisa membuat aku kenyang sampai besoknya. I’m happy to be here & so much fun here.

Sebenarnya Kampung Inggris di Pare-Kediri tidak hanya ada 1 tempat pelatihan bahasa inggris, tapi ada banyak camp pelatihan. Pelatihan di setiap camp bahasa, berbeda-beda dan punya ciri khas nya masing-masing. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini, aku sudah berusaha sekuat tenaga membuat peta ala-ala kampung inggris Pare-Kediri :D. Camp belajar ditandai dengan gambar kursi.

pare map
kampung inggris map, Pare – Kediri

Jalan utama di kampung ini adalah jalan Pare. Di jalan ini, ada beberapa yang menjual makanan, perlengkapan belajar dan toko-toko lainnya. Dan untuk minimarket sendiri tidak ada di kawasan ini, sekitar beberapa menit ke arah jalan utama kabupaten ada minimarket dan toko yang lebih besar disini. note: Sebenarnya agak jauh sih.

Lalu di Pare-Kediri tempat belajar bahasa inggris / camp yang populer ada dimana sih?. Ada di Jl.Anyelir, Brawijaya & Langka. *ada di gambar atas yang alakadar itu 😀

jlanyelir
Jl. Anyelir Pare-Kediri
mybike
Tempat penyewaan sepeda Pare-Kediri

Setelah aku observasi dan jalan-jalan di semua jalan perkampungan yang ada di kampung Pare, Jl.Anyelir adalah awal mula kampung inggris berdiri. Disini berdiri dengan kokoh tempat belajar bahasa inggris yang pertama yaitu BEC (Basic English Center). Ketika masuk ke jl. Anyelir-Pare, suasananya sudah cukup ramai. Banyak tempat kursus lainnya berdiri disini seperti Piramid, Eagle, RnB, Elfas dan beberapa camp pelatihan lain. Selain camp, disini juga ada beberapa bangunan kos-kosan karena tidak setiap lembaga pelatihan disini menyediakan tempat tinggal. Seperti layaknya kampung, tidak ada convenient store atau toko-toko seperti di kota besar. Di kanan dan kiri jalan, bisa kita temui warung makan tempat para siswa nongkrong, (fyi tidak semua siswa berbahasa inggris ketika di luar camp), laundry, gym, dan tempat penyewaan sepeda ada di kawasan ini. Walaupun jauh dari kota Kediri, di Jl.Anyelir Kp-Pare ada banyak fasilitas yang memadai. Nggak kampung-kampung banget lah & harganya murah-murah. Beli pecel 5ribu aja bisa nambah 2-3kali gak tau malu mode on.

Menyusuri Jl. Anyelir sampai ujung, kita bertemu Jl.Brawijaya. Di jalan ini ada beberapa tempat belajar bahasa inggris juga. Sama seperti jl.Anyelir di jalan ini ada beberapa penjual makanan, tempat penyewaan sepeda dan toko-toko lainnya.

global-pagoda
Gapura selamat datang Pare-Kediri

Ini adalah gapura selamat datang kampung Pare, gapura ini tepatnya ada di jalan utama. Tepat di jalan utama ini ada English camp – Global. Global English mudah dikenali karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari gapura utama. Lingkungan kampung inggris yang ramai dan banyak fasilitas yang tersedia ada di blok ini: Jl.Pare, Anyelir & Brawijaya.

jllangka
Jl.Langka Pare-Kediri

So, where’s my camp?. At Langka street. Nyempil sendiri :D. And it’s real village. God!, kampung banget deh pokoknya. Cocok banget buat kalian yang mau bertapa & belajar bahasa inggris dengan tenang. Di sini, kemana-mana harus pakai sepeda. Oh iya untuk sewa sepeda disini 100 ribu rupiah per bulannya. Jl. Langka sebetulnya pemukiman penduduk yang disulap menjadi camp-camp tempat belajar bahasa Inggris, jarak antar penjual makanan satu dengan yang lainnya cukup jauh sekitar 100m. Jangan khawatir, jarak Jl.Langka ke Jl.Anyelir tidak begitu jauh sekitar 500m. LC (Language Center) terdiri dari banyak camp yang berdiri di Jl.Langka ini. Setiap camp-nya dipisahkan berdasarkan jenis kelamin. Dan diwajibkan kita berbicara bahasa inggris selama ada di dalam camp, tapi sepertinya ini tergantung dari pribadi masing-masing. Sayang dong, kalau sudah ke kampung inggris bicaranya tidak bahasa inggris. Our trainer said: don’t be afraid speak english, mistake is halal.

Sekilas, aku sudah pernah membahas jadwal (time table) yang ada di LC-Kampung Inggris ini. Dan itu benar sodara-sodara!. Dini hari, kita dibangunkan oleh para trainer untuk solat subuh. “Subuh guys, wake up, wake up!” (Gedor-gedor pintu camp mirip  banget gedor kamar pacar yang kepergok selingkuh). Langsung saja ya, the 2nd day is Placement test.

Placement test nya seperti apa?, placement di setiap lembaga pelatihan bahasa Inggris Pare-Kediri berbeda-beda. Ada lembaga yang memulai dari awal tanpa placement test, jadi mereka memulainya dari zero basic. Di LC sendiri, soal placement ada 20 soal pilihan ganda. Grammar sih & untuku sendiri itu mudah tapi harus lebih teliti mengerjakannya. Ngomong -ngomong aku tidak bisa mendokumentasikan proses placement test karena confidential :D. Placement ini bertujuan untuk menyeleksi setiap siswa sesuai tingkatannya masing-masing dari kelas A sampai K. Hasilnya akan diketahui esok hari, bersamaan dengan perkenalan dengan para trainer. Can’t wait for tomorrow morning, “wake up guys, subuh-subuh, let’s pray!”. Amazing.

*this is late post, because the training is very  intense.

Advertisements

13 Replies to “56 days in Pare-Kediri – Day 2: Placement test kampung inggris & sekilas Pare.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s