Dysania / Clynomania adalah keadaan seseorang sulit meninggalkan tempat tidur saat pagi hari.

Dysania, Clynomania / Heavy Sleeper
Dysania, Clynomania / Heavy Sleeper. Pict_from:http://goo.gl/iu8X4e

*yawnnn… Mata masih lemes, rambut acak-acakan, iler di baju & tempat tidur berantakan. #IWokeUpLikeThis 😀

Mari ucapkan selamat pagi. Bagaimana liburannya, menyenangkan?. Tentu saja, siapa yang tidak menyukai libur panjang seperti ini?.

Ada banyak hal yang sangat aku sukai ketika liburan panjang, antara lain: makan banyak, jalan-jalan ke tempat yang menarik dan berkumpul dengan keluarga. Tapi yang paling nikmat ketika liburan adalah bangun siang, fyi ada sebuah sindrom yang dinamakan Dysania / Clynomania. Dysania atau Clynomania adalah suatu keadaan yang sulit untuk meninggalkan tempat tidur di pagi hari. Hayo ngaku, liburan gini siapa yang mager & nempel terus di tempat tidur?. aku aku!.

Rasanya itu ni’mat nikmat banget dah pas nempel di tempat tidur seharian lebih dari 8 jam. Yang membuat kenikmatan itu bertambah apabila ada pasangan di sebelah kita, haha ngarep. Nikmatnya nempel di kasur itu seperti apa? Seperti ini, aku tidur larut malam, kasur yang empuk beserta selimut sudah memanggil, merasakan suasana sejuk tanpa ac, rumah yang hening jauh dari jalan raya dan mendengar suara jangkrik membuatku damai tentram. Saat kenikmatan berlangsung selama 8 jam, tiba-tiba aku mendengar suara burung berkicau diiringi cahaya matahari yang dengan lembutnya membangunkanku. Langsung mengambil smartphone, no notification  and still 8 a.m. Ummhh…. rasanya surga dunia, tak ingin rasanya berakhir. Kemudian aku matikan smartphone, menutup gorden lalu sudah bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya. Molor maning haha.

Kenikmatan seperti ini hanya bisa dirasakan ketika kita berlibur dan jauh dari rutinitas kantor. Again, IwokeUpLikeThis :D.

Sebenarnya aku hanya mengidap Dysania musiman, kondisi yang hanya berlangsung pada waktu tertentu (libur panjang, libur nasional & sabtu) dan tidak berlangsung setiap hari.

Intinya jadi bujangan dilarang malas, kudu kerja keras biar cepet kiwin. Ada beberapa cara agar kita terhindar dari penyakit malas ini salah satunya adalah dengan berpikir bahwa banyak hal yang harus dilakukan selain tidur, tidur lama dan mimpi indah hanya dilakukan ketika kita mati, dan apabila kita bermalas-malasan maka kita tidak akan mendapatkan kembali waktu yang telah hilang. Semakin lama kita tidur, otomatis akan mengurangi jatah hidup 24 jam / harinya.

Karena menyebabkan candu kepada tempat tidur, banyak sekali yang menderita akibat Dysania / Clynomania ini. Jika hal ini di biarkan maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegahnya pasanglah alarm yang selalu berbunyi di waktu tertentu dan buatlah komitmen diri untuk mematuhinya.

Jika sulit sekali untuk bangun pagi walaupun sudah berusaha sekuat tenaga, juga keadaan Dysania / Clynomania mirip sekali dengan kondisi diatas. Sudah waktunya untuk mencari obat yang dapat bekerja untuk masing-masing individu. Dari buku yang aku baca untuk menyembuhkan penyakit ini, kita dapat meminum suplemen serotonin. Suplemen serotonin hanya sebuah terapi, pilihan yang terbaik adalah untuk melatih diri untuk melakukan sesuatu yang akan membuat diri kita keluar dari tempat tidur pada waktu yang dijadwalkan. Memang terdengar sulit, ada bisa karena biasa kan?

Bangun pagi pangkal disiplin, dan jangan sampai rejeki yang diberikan Allah untuk kita dipatuk ayam. Kata si-mbah yang ada di Wonogiri, siapa yang bangun lebih pagi maka kesempatan untuk mendapatkan rejeki lebih terbuka.

Tapi jujur, kasur yang empuk itu seperti gorengan bakwan yang masih panas. Sulit untuk menolak godaannya.

Advertisements

4 Replies to “Dysania / Clynomania adalah keadaan seseorang sulit meninggalkan tempat tidur saat pagi hari.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s