Donasi Pendidikan untuk SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi

“It’s not how much we give but how much love we put into giving.”
– Mother Theresa

Tak terasa bulan ramadhan yang kita cintai ini hanya tersisa dua minggu lagi. Sudahkah kita memperbanyak amal ibadah di bulan ini?, sholat tepat waktu, memperbanyak solat sunah, mengaji atau sudahkan kita berbagi untuk sesama di bulan yang penuh rahmat ini?. Mari kita bersedekah dan mengisi bulan ramadhan ini dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti mengurangi buka puasa bersama yang ujung-ujungnya pamer dan ngabuburit di mall.

Banyak cara untuk kita bersedekah di bulan ini selain mengisi kotak amal di masjid, salah satunya menyantuni anak yatim atau manula di panti jompo. Bagiku berbuka puasa ditempat seperti itu akan membuat kita lebih mensyukuri hidup, kita bisa belajar merasakan pahitnya hidup yang mereka alami. Bagi mereka bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu – bagaimana tidak, panti yang biasanya sepi kini selalu ramai tiap harinya. Sebuah kehangatan yang dirindukan mereka.

Pada bulan ramadhan 1437H tahun ini, aku bersama sahabat Broadcast1 tidak berkunjung ke panti asuhan atau panti jompo melainkan ke salah satu sekolah swasta yang berada di luar kota Bandung, kota Cimahi tepatnya daerah Cibeureum. Sahabat Broadcast1 menginformasikan apabila ada sebuah SMP swasta yang keadaannya cukup mengkhawatirkan. Berikut keadaannya:

SMP Muslimin Cibeureum - Cimahi
SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi

SMP Muslimin adalah sekolah swasta dengan akreditasi B di kota Cimahi, untuk biaya operasional sekolah mengandalkan biaya SPP yang dibayar secara sukarela oleh orang tua siswa. Kebanyakan siswa yang bersekolah di sini adalah mereka dengan keadaan ekonomi yang tidak begitu baik, yatim piatu dan dari keluarga broken home. Tidak ada fasilitas yang wah disini, hanya ruangan kelas dan ring basket di lapangan yang sederhana.

SMP Muslimin Cibeureum - Cimahi
SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi

 

SMP Muslimin Cibeureum - Cimahi
SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi
SMP Muslimin Cibeureum - Cimahi
SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi

Tidak sepeti sekolah pada umumnya, SMP ini hanya memiliki sedikit ruangan kelas. Hanya ada beberapa ruangan kelas di sekolah ini yang layak disebut tempat belajar. Untuk kursi dan meja terbuat dari kayu yang sudah usang, juga fasilitas untuk mengajar pun kurang memadai.

SMP Muslimin Cibeureum - Cimahi
SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi

Mungkin diantara kita ada yang berpikir “ah di daerah lain kondisi sekolahnya lebih mengkhawatirkan dari ini”, ya memang betul, inilah potret pendidikan bagi mereka yang kurang mampu. Tapi apakah kita harus memilih-milih dalam beramal?. You see, you listen, you feel it. Then Act.

Keadaan di sekolah ini cukup parah. Jika hujan besar, air akan menggenangi ruangan kelas dan merusak perlengkapan sekolah. Ada dua ruangan kelas yang difungsikan menjadi gudang tempat menyimpan perlengkapan yang sudah rusak yang nantinya akan digunakan kembali jika kondisinya masih layak pakai. Tentunya hal ini menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar terganggu karena guru dan murid harus bergantian menggunakan ruangan yang layak tersebut.

Dengan kondisi sekolah yang seperti ini membuat para siswa kehilangan semangat untuk belajar. Apakah mereka harus pindah ke sekolah lain?, tidak – orang tua para siswa belum sanggup menyekolahkan mereka ke sekolah yang lebih baik. Guru, orang tua siswa dan aku sendiri tidak ingin mereka kehilangan semangat belajar dengan terbatasnya fasilitas yang ada. Mari berbagi agar api semangat mencari ilmu siswa siswi SMP Muslimin Cibeureum-Cimahi tidak padam.

Donasi SMP Muslimin Cibeureum - Cimahi
Donasi SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi

 

Berbagilah kebahagian untuk mereka. Kebahagiaan yang kamu berikan, tentunya akan kembali kepadamu.

Advertisements

2 Replies to “Donasi Pendidikan untuk SMP Muslimin Cibeureum – Cimahi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s