Apakah Bangga atau Alay pakai kaus Turn Back Crime ?

“Jadi, lu bangga pakai kaus gituan?”, celetuk salah satu teman karena aku baru saja dapat kiriman kaus ini.

Aku tidak menggubris sambil melihat jaitan kaus, melihat kemungkinan cacat barang.

“Bukannya, lu punya kaus My Trip My Adventure. Terus sekarang Turn Back Crime, alay nggak sih?”

Kaus Turn Back Crime
Kaus Turn Back Crime

Aku melihat wajahnya yang agak sinis kemudian berpikir, apakah alay pakai kaus ini?

Sebenarnya seberapa alaykah ketika kita memakai kaus tersebut tergantung dari pembawaan diri dan kapan kita memakai kaus tersebut. Akan jadi alay apabila:

  1. Kaus tersebut dipakai ke mall, MTMA membawa pesan traveling. Pakai kaus traveling untuk hangout di mall?, Big uhm.. No No. Helooo…
  2. Kaus tersebut dipakai ke club, sudah pasti dicurigai intel.
  3. Kaus tersebut dipakai ke resepsi nikahan. Walaupun resepsi nikahan diadakan di gedung atau pinggir jalan komplek/kampung dengan panggung yang menutupi jalan, kita harus menghargai acara tersebut. Tak peduli seberapa mewah atau sederhana acara resepsi, we must dress properly.
  4. Kaus tersebut dipakai untuk menghadiri wisuda teman, dan masih banyak lagi.

Bener juga yang dikatakan minceu, minceu seorang teman fashionable yang hadir saat galau menentukan baju dan ia kuat berlama-lana di fashion outlet Kita harus sangat berhati-hati terhadap pakaian yang kita pakai apabila mengandung tulisan dengan pesan-pesan tertentu. Contohnya Turn Back Crime dan My Trip My Adventure.

Sebagian dari kita beranggapan “Ah.. Ya terserah gue, baju punya gue, badan-badan gue”, nah orang seperti ini harus diberikan percikan pencerahan. Kita harus bisa memberikan nasehat tanpa menyinggungnya. Seperti ini,

“Lu mendingan pake kemeja deh biar bawaannya lebih dewasa., kan mau nge-date sama eneng”.

“Pake kaus ini kan Gaholl bro (kaus turn back crime), gak bagus ya?”, ia diam sambil berpikir. “Boleh ya pinjemin kemeja lu yang ini, please….“, dia berniat mengambil kemeja mark and spencer yang masih terbungkus plastik baru dibeli kemarin sore.

“Ah, nggak nggak nggak. Kebiasaan lu.”

 

Awal mula kaus MTMA, sejak acara tersebut hadir di Trans TV. Kita terhipnotis pesona Indonesia yang luar biasa indahnya, my favorite episode is when Nadine Chandrawinata was dived in Raja Ampat, just one word – Awesome-. Komunitas MTMA hadir di setiap kota di Indonesia dengan satu identitas yang sama yaitu kaus hitam bertuliskan My Trip My Adventure. Bangga kan?, iya jelas bangga karena secara tidak langsung kita mempunyai ketertarikan yang sama untuk mengexplore dan mempromosikan potensi pariwisata di daerah masing-masing melalui komunitas ini.

Lalu bagaimana awal mula kaus/polo Turn Back Crime?. Kaus berkerah warna biru dongker ini dipakai polisi dari Direktorat Resere dan Kriminal Umum saat melumpuhkan teroris. Seragam yang dipakai anggota polisi dari Polda Metro Jaya pada saat menghadapi pelaku teror di MH Thamrin tanggal 14 Januari 2016 ini menjadi tren dan ramai di pasaran, banyak orang yang mencari dan ingin memakai kaus ini. Pokoknya gagah bingit kalau punya kaus ini dah, hehehehe. Merk dagang “Turn Back Crime” sudah diluncurkan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat sejak November 2015. Dari blogwalking, brand ini merupakan bentuk penularan semangat memberantas kejahatan bersama masyarakat. Artinya, masyarakat membantu tugas kepolisian dengan ikut melaporkan tindakan kejahatan.

Kombespol Krishna Murti - sumber: liputan6.com
Kombespol Krishna Murti (sumber: liputan6.com)

Saya bangga, kedua kaus ini telah saya miliki, karena ada pesan baik di tulisannya. Tapi aku harus berhati-hati terhadap presepsi negatif yang muncul apabila kaus seperti ini digunakan di waktu dan tempat yang tidak tepat.

Intinya sih aku nggak mau orang lain nyinyir saltum apalagi alay.

Advertisements

14 Replies to “Apakah Bangga atau Alay pakai kaus Turn Back Crime ?”

  1. halo wahyu salam kenal ya. Asik nih baca postingannya. Saya juga kepikiran kemarin, tapi ga sampe dibikin tulisan di blog. Kamu sudah mewakili perasaanku *eeaaa….
    Bener banget, jangan sampe salah tempat pakenya yaaa….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s