Soto Banjar Bang Amat – Banjarmasin

Pesawat yang aku tumpangi tidak mendarat dengan smooth. Maklum saja tiket gratisan yang diberikan kantor, aku tidak bisa memilih maskapi favoritku . Alhasil saya menuju kota Banjarmasin dengan maskapai ekonomi yang terkenal dengan delay dan kabin nya yang panas ini. Hmmm… Late Is Our Nature. 😀

Bandara Sjamsudin Noer ada di Banjarbaru, bukan di Banjarmasin. Bandara ini diapit dua kota, Martapura dan Banjarmasin. Mau hunting permata atau minyak bulus? 😀 , bisa ke Martapura atau mau makanan-makanan yang enak?, kita ke Banjarmasin.

By the way, ini kesempatan yang kesekian kalinya pergi ke Banjarmasin. Dengan menggunakan mobil, hanya membutuhkan tiga puluh menit menuju kota Banjarmasin.

Kota ini sedang berkembang, dikanan dan kiri jalan pembangunan sedang berlangsung. Beberapa bangunan berdiri di lahan gambut yang sudah diratakan dengan tanah. Mulai masuk gerbang Banjarmasin saya melihat bangunan perkantoran, perbankan, ruko-ruko kuliner, mall, karaoke dan masih banyak lagi. Lengkap. Turun dari mobil menuju hotel, aroma gambut masih tercium walaupun aku sudah berada di kota.

Aku menginap di Jl. Achmad Yani. Sebenarnya disekitar hotel ada pusat perbelanjaan dan tempat menarik lainnya, tapi aku kangen sama makanan disini. Ada dua kuliner yang sangat terkenal di Banjarmasin, yaitu Soto Banjar Bang Amat & Longtong Orari. Beuhh…. nggak ada tandingannya makanan tersebut di Indonesia. Berhubung hari sedang cerah dan agak terik, sepertinya makan berkuah seperti soto pilihan yang tepat. Setelah diskusi yang agak alot dengan teman-teman, akhirnya berpisah dengan tujuan masing-masing dan aku  naik ojek sendirian L dari hotel ke Soto Banjar Bang Amat.

Menyewa ojek adalah pilihan yang tepat karena memangkas waktu tempuh. Biasanya aku melewati jalan Veteran langsung ke jalan Banua, tapi kali ini aku lewat jalan yang tidak biasa. Aku bisa melihat rumah panggung diatas tanah gambut, suasanya yang hampir sama seperti di Palangkaraya.

Tiba di depan warung makan Soto Bang Amat, saya disuguhi penjual cendramata & penjual mangga. Disekitar sini banyak penjual soto, aku menyarankan untuk ke Soto Banjar Bang Amat saja.

Sungai Martapura merupakan urat nadi masyarakat Banjarmasin, sungai ini masih digunakan sebagai penghubung satu desa ke desa lainnya. Soto Banjar Bang Amat berada di tepiah sungai Martapura, makan soto ditepian sungai sembari melihat warga lokal mendayung perahu adalah sensasi luar biasa.

Soto Banjar Bang Amat - Banjarmasin
Soto Banjar Bang Amat – Banjarmasin

Perut yang tidak bisa berkompromi dengan rasa lapar, ternyata terobati dengan pelayanan di tempat ini sungguh cepat. Tidak perlu waktu lama sepiring soto sudah tersedia di meja. Air liur meluncur melewati kerongkongan, tak sabar rasanya ingin mencicipi soto dengan aroma yang sangat menggoda ini. Ketika masuk ke mulut, potongan ketupat, bihun, perkedel kentang, taburan bawang goreng dan potongan suwiran ayam menari-nari indah menjadi satu di rongga-rongga mulut. Luar biasa lezatnya. Rahasia nikmatnya kuah soto Banjar Bang Amat yang melegenda ini adalah rempah indonesia seperti pala, kayu manis dan mungkin cengkeh yang diracik dengan sempurna.

Soto Banjar Bang Amat - Banjarmasin
Soto Banjar Bang Amat – Banjarmasin

Jika masih belum puas, di tempat ini kita bisa memesan sate ayam. Jangan khawatir puluhan sate ayam disini selalu dibakar, jadi kita tidak perlu menunggu lama untuk menyantap sate ayam dengan ulekan bumbu kacang ini.

Soto Banjar Bang Amat - Banjarmasin
Soto Banjar Bang Amat – Banjarmasin

Menikmati sepiring soto Banjar di tepi sungai merupakan pengalaman yang tidak bisa saya lupakan apabila pergi ke Banjarmasin. Sungai Martpura mengalir bersih, suasana seperti ini membangkitakan selera makan. Walau sudah berkali-kali saya ke tempat ini, tidak ada rasa bosan untuk menikmatinya lagi dan lagi.

Soto Banjar Bang Amat - Banjarmasin
Soto Banjar Bang Amat – Banjarmasin sumber: makanmakan.com

Terletak di Jl.Banua, tempat makan soto ini mudah dijangkau. Lebih mudah sih, kalau menginapnya di Banjarmasin, bukan di Banjarbaru hehehe…

Soto Banjar  is real and this thing is delicious. Eat delicios food actually reduce tour stress level and make you happy. lol.

Advertisements

8 Replies to “Soto Banjar Bang Amat – Banjarmasin”

  1. Bertanya: jadi kalo ke bjm enaknya nginep dimana yg strategis? Terus selain martapura dan wiskulnya ada yg menarik lg ga? Insyaallah taun ini pengen ke bjm…wiskul si yg pasti 😀

    Like

    1. Ke banjarmasin, bisa nginep di mercure atau eva hotel yg lebih murah.
      Kalau ke banjar baru, bisa di novotel –
      Banjarmasin punya sungai terapung & hutan monyet, nah untuk wiskulnya ada lontong orari mba, mantap itu.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s