Zangrandi Ice Cream – Surabaya

Yes!, Surabaya. Yang ada di benak kita adalah udara yang hangat, taman yang indah, cuaca cerah seperti musim panas di Eropa. Beruntung sekali karena penerbangan kali ini ke Surabaya, saya tidak merasakan turbulensi seperti biasanya. Kota terbesar kedua di Indonesia ini mempunyai bandara Internasional Juanda di Sidoarjo yang sama sibuknya dengan Soekarno Hatta – Cengkareng, karena kota Surabaya merupakan kota penghubung Indonesia bagian barat dan timur.

Jalan tol Waru-Juanda menghubungkan kota Surabaya dan Sidoarjo, tol dengan panjang 12 kilometer ini dapat membawa kita ke Surabaya dengan waktu tempuh 15-30 menit. Surabaya adalah kota metropolitan, namun jarang sekali ditemukan gedung-gedung pencakar langit seperti di Jakarta. Walaupun saya berasal dari Bandung, saya cinta kota Surabaya. Kota ini bersih dan hangat. Untuk kulinernya-jangan ditanya, disini bertaburan makanan-makanan lezat yang sudah terkenal. Siapa yang tidak kenal Sambal Bu Rudy, Padin Penyetan, Sate Ondomohen atau Almond Chrispy Cheese? – semua kuliner nikmat tersebut berasal dari Surabaya.

Tiba di salah satu hotel di Jalan Pemuda, saya langsung berburu kuliner. Hotel yang saya tempati adalah hotel yang sangat strategis, kemanapun dekat. Dekat dengan stasiun Surabaya Gubeng, Balaikota, dan ada 2 mall yang berdekatan. Saya dibertahu kawan, bahwa ada satu kedai restoran es krim yang terkenal di dekat hotel saya menginap. Hanya perlu 10 menit dengan berjalan kaki, saya bisa mengunjungi tempat makan es krim Zangrandi di Jl.Yos Sudarso.

Zangrandi Ice Cream - Surabaya
Zangrandi Ice Cream – Surabaya

Dari luar, bangunan ini sangat unik dengan arsitektur Belanda dan menjadi salah satu cagar budaya di Surabaya. Bangun ini bernilai historis, karena dibangun pada saat jaman penjajahan Belanda di Indonesia. Perabotan terbuat dari rotan, pintu kuno dari kayu dan foto-foto monochrome zaman dulu yang menghiasi dinding membuat suasana tempo dulu semakin terasa.

Ruangan dengan kapasitas 20 orang di dalam dan kurang lebih 10 orang di halaman luar ini paling cocok jika dikunjungi malam hari. Menurut saya, menikmati es krim di depan halaman adalah sensasi yang menyenangkan karena kita bisa menikmati lampu-lampu jalanan Yos Sudarso, semilir angin dan kendaraan yang lalu-lalang.

Zangrandi Ice Cream - Surabaya
Zangrandi Ice Cream – Surabaya

Selain es krim, di sini kita bisa memesan snack seperti risoles, kentang goreng atau kroket. Zangrandi akan menyuguhi es krim dengan penyajian yang membuat mulut kita berair. Selain Banana split dan Ice Cream Scoop, kita bisa menikmati Tuti Fruty, Spaghetti Ice Cream dan Macodania. Jangan lupa untuk bertanya kepada pelayan, karena ada beberapa menu disini yang mengandung Rhum.

Meski sudah mengalami beberapa kali renovasi, Zangrandi tetap mempertahankan bangunan utamanya. Merasakan suasana tempo dulu atau bernostalgia di kota pahlawan sambil mencoba es krim klasik Zangrandi adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Sampai tulisan ini saya posting, entah berapa kali saya menikmati es krim disini. Es krim yang sangat nikmat.

Zangrandi Ice Cream is calssic and this things is delicious. Eat delicios food actually reduce tour stress level and make you happy. lol.

3 Replies to “Zangrandi Ice Cream – Surabaya”

Leave a Reply

