Burgo dan Lakso – Palembang

Palembang, kota terbesar di Sumatera Selatan yang dibelah sungai Musi ini memiliki sejuta pesona. Tahun 2018 nanti, Palembang menjadi salah satu penyelenggara Asian Games berbagai fasilitas dikebut untuk menghelat event akbar ini. Saya pernah mengunjungi Jakabaring Sport Center, sebuah kawasan luas (mungkin lebih besar dari Senayan – Jakarta) dan sangat lengkap utnuk berbagai cabang olahraga. Selain dijadikan tempat olahraga untuk masyarakat palembang, kawasan ini dijadikan tempat rekreasi karena tempat yang sangat luas dan dipenuhi taman-taman yang indah.

Kali ini saya tidak ingin jogging atau bermain panahan di Jakabaring, tapi mencari maanan yang hanya dijual di Palembang. Bukan pempek, tekwan, sup ikan patin, nasi minyak atau kerupuk palembang. Kali ini saya ingin mencari makan bernama BURGO. Mungkin agak asing di telinga kita mendengar makanan ini, kita hanya mengenal Pempek sebagai makanan khas kota Palembang. Pempek Candy dan Pempek Beringin yang memenuhui bagasi kabin pesawat sebagai oleh-oleh, membuat makanan-makanan lain di Palembang kehilangan pamornya.

Dimanakah bisa memesan makanan ini?, saya menginap di salah satu hotel di Jl. Dr. Soekamto. Warung kopi H.Madina Kuto terletak tidak jauh dari hotel tempat saya menginap. Hanya membutuhkan waktu 10 menit melewati Jl. AKBP Cek Agus. Tidak jauh dari Jl. Dr. M Isa, warung di sekitar jalan ini.

Sebenarnya burgo bukan untuk dijadikan oleh-oleh, ini adalah kuliner yang tepat dimakan di pagi hari untuk sarapan. Di warung yang buka sejak jam 6 pagi ini tersedia berbagai makanan khas palembang lainnya seperti Laksa dan Celimpungan.

Burgo & Lakso - Palembang
Burgo & Lakso – Palembang
Burgo & Lakso - Palembang
Burgo & Lakso – Palembang

Burgo berbentuk lojong, namun lakso dibuat seperti mie yang agak tebal. Kuahnya terbuat dari santan yang gurih dengan rasa ikan yang kuat. Di warkop ini kuah burgo berwarna putih dan kuah lakso berwarna kuning kunyit, tapi kita bisa memesan kuah sesuai selera. Saya memesan Lakso campur Burgo disiram kuah berwarna putih. Sajiannya memang kurang menarik, hanya ditaburi bawang goreng di atasanya. Dengan sedikit sambal yang cukup pedas, membuat citarasa semakin beragam. Sangat cocok sebagai menu sarapan dipagi hari.

Burgo & Lakso  is real and this thing is delicious. Eat delicios food actually reduce tour stress level and make you happy. lol.

 

Advertisements

4 Replies to “Burgo dan Lakso – Palembang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s