DEWEY by Vicki Myron & Bret Witter

Awal tahun 2016, aku membeli beberapa novel new arrival yang bagus untuk dibaca. Salah satunya adalah DEWEY – kucing perustakan yang bikin dunia jatuh hati. Novel edisi baru cetakan I – Juni 2015. Novel terjemahan ini mendapatkan International Best Seller karena ceritanya yang bisa dinikmati semua usia. Bagi pecinta hewan, novel ini wajib untuk dibaca.

Novel ini berkisah tentang Vicki Myron seorang direktur perpustakaan di Spencer-Iowa Amerika Serikat yang menemukan seekor anak kucing pada awal Januari tahun 1988 di kotak pengembalian buku. Kucing kecil yang kedinginan dan nyaris mati ini kemudian dirawat oleh Vicki. Dewey kemudian menjadi terkenal di kota Spencer karena tingkah lucu dan ketampanannya yang disukai anak-anak sampai dewasa, Vicki pun bercerita – ada seorang ibu yang khawatir akan anaknya yang punya alergi, mengijinkannya bermain dengan DEWEY. Kisah menarik terjadi ketika seorang anak berkebutuhan khusus yang sering murung ketika berkunjung ke perpustakaan, yang berubah menjadi ceria sejak kedatangan DEWEY.

Spencer adalah kota yang “progresif”, kota  yang sangat indah dengan padang jagung menguning di kanan dan kiri jalan dan masyarakat yang mayoritas petani. Kota ini sedang berjuang melawan krisis pertanian sejak tahun 1980-an, hal ini berdampak pada perpustakaan. Perpustakaan bukan sebuah gudang tapi merupakan tempat berkumpul warga untuk mencari informasi pekerjaan disebabkan krisis yang terjadi. Vicki sudah bertahun-tahun mengajukan dana renovasi kepada dewan kota namun selalu diabaikan, tapi sejak datangnya DEWEY semua berubah. Perpustakaan menjadi lebih ramai dan semua orang membicarakan DEWEY, akhirnya dewan kota yang mulai terpikat kepada DEWEY pun memberikan dana renovasi kepada perpustakaan.

DEWEY adalah kucing yang dapat menyatukan warga di kota spencer, ia dapat menyatukan hubungan ibu dan anak yang sudah renggang. Bahkan ada beberapa orang yang iri, ingin memisahkan kucing berbulu  kuning keemasan ini dari Vicki.

Kabar cukup mengejutkanpun diterima Vicki, kejadian ini bahkan menjadi berita nasional dan diulas dibeberapa televisi dan website pada waktu itu. Berita ini tidak hanya diketahui oleh warga Spencer-Iowa, bahkan diulas stasiun televisi nasional Jepang.

Novel DEWEY terbitan Grand Central Publishing New York,2008 yang telah diterjemahkan oleh Penerbit Serambi ini bisa dibaca semua usia dan bisa juga diceritkan ke anak-anak sebagai dongeng.

Sebagai pecinta kucing, saya terhipnotis novel ini. Penulis pun menggambarkan kelucuan dan kelincahan DEWEY dengan detail dan penulis menggoda kita untuk mengunjungi Spencer – Iowa, sebuah kota kecil yang indah di Amerika Serikat bagian tengah. Novel ini bagus, tidak membosankan dan dapat dibaca berulang-ulang.

Advertisements

2 Replies to “DEWEY by Vicki Myron & Bret Witter”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s