Tahu Gimbal Pak Edi – Semarang

Ibu kota jawa tengah ini selalu memberikan pesonanya. Kota dengan beragam adat dan budaya, melebur menjadi satu di tengah kerukunan umat beragama di kota ini. Rindu memuncak, karena sudah empat tahun yang lalu saya mengunjungi kota ini. Kali ini, saya berkesempatan mengunjungi kota ini tentunya secara gratis dan mendapatkan bayaran pula.

Salah satu kota yang menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia ini, mempunya tempat tempat tujuan wisata yang patut untuk dikunjungi. Siapa yang tidak mengenal tempat-tempat wisata seperti Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong, Mesjid Agung dan Simpang Lima. Sudah sepantasnya, kementrian pariwisata kembali membuat program yang sama seperti “Visit Jawa Tengah” pada tahun 2013 silam. Tujuannya agar makin banyak warga Indonesia yang mengunjungi Semarang dan menikmati pesona kota ini.

Selain Jakarta dan Denpasar, kota Batam dan Banjarmasin juga melayani penerbangan ke kota Semarang. Dari bandara Ahmad Yani, saya menginap di salah satu hotel di jalan Sisingamaraja-Semarang. Beberapa spot populer seperti Monumen Tugu Muda, Kuli Sam Po Kong, dan Simpang Lima bisa kita lihat selama perjalanan dari Jl.Jendral Sudirman ke hotel.

Setelah istirahat sejenak di hotel dengan arsitektur jawa kuno ini, malam harinya dengan mobil yang sudah disewa – saya berburu kuliner. Salah satu kuliner yang terkenal di Semarang adalah Tahu Gimbal. Dari jl.Sisingamaraja, kita tinggal masuk ke jalan utama Semarang-Surakarta ikuti terus jalan ini sampai bertemu perempatan Jl.Sriwijaya dan Jl.Veteran. Setelah melewati Polda Jateng dan Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, di sebelah kiri jalan dibangun tenda-tenda lesehan yang digelar di sepanjang jalan sampai ke bundaran Jl.Mentri Supeno. Tenda tenda yang digelar lesehan ini ada di belakang kantor Gubernur Jawa Tengah.

tahugimbal1
Tahu Gimbal Pak Edi – Semarang

 

Tahu Gimbal banyak di jual di penjuru kota semarang dari pagi hingga malam. Makanan ini di sajikan di pinggir jalan secara sederhana dan jauh dari kata mewah, tentunya dengan memperhatikan aspek kesehatan dan higienitas. Tahu Gimbal Pak H.Edy buka dari sore hari hingga malam.

tahugimbal2
Tahu Gimbal Pak Edi – Semarang

Tahu yang disajikan renyah ini digoreng dengan tepung udang yang gurih, kemudian dipotong dadu. Disajikan dengan ketupat dan irisan kol segar. Tentunya dengan gimbal udang atau bakwan udang yang sudah dipotong kecil-kecil. Disiram bumbu kacang-petis yang agak kental. Paduan rasa manis-gurih dan nikmat terasa di mulut. Ennnaaaakk. Saya pun sampai tambah dua porsi. Oh iya, Tahu Gimbal ini dapat disajikan juga dengan telur mata sapi sesuai pesanan. Sebagai pencuci mulut, kita bisa memesan es campur durian atau es teler. Mantap!

tahugimbal3
Es Campur Durian, Tahu Gimbal Semarang

Tempatnya hanya berupa tenda lesehan sederhana, namun cita rasa yang diberikan tidak bisa dilupakan. Menurut saya, tahu gimbal pak edi bisa jadi satu yang terbaik di Semarang. Bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang terus berdatangan.

Tahu Gimbal is real andthis things is delicious. Eat delicios food actually reduce tour stress level and make you happy. lol.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s